MENJADI MUSLIM PEMBELAJAR



Jutaan orang menyadari bahwa belajar merupakan kewajiban. Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi muslim laki-laki maupun perempuan. Demikian yang disarikan dari hadis tentang menuntut ilmu yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah : "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim". Hadits ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, dan banyak diantara kita sudah menghafalnya.

Mengingat bahwa belajar merupakan sebuah kewajiban dan dalam pembelajaran kita yang paling dasar wajib artinya jika kita kerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat dosa maka kita harus semangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Semangat kita dalam belajar adalah semangat untuk mendayagunakan kemampuan yang ada di dalam diri kita. Kita ingin cerdas sekaligus mempunyai karakter yang kuat, terlalu sederhana jika kita belajar atau sekolah hanya sekedar untuk memperoleh pekerjaan. Mentalitas pelajar muslim dalam belajar jangan sekedar mental buruh. Motivasi yang mendorong kita untuk belajar haruslah benar. Kita harus sadar bahwa proses belajar yang dilakukan semestinya diarahkan untuk mengembangkan kepribadian dan basis ilmu kita. Tentu kita tidak berharap sekedar menjadi cerdas tetapi tidak bisa berbuat apa-apa. 

Proses belajar yang kita lakukan hendaknya membuat kita lebih cerdas, inovatif dan memiliki orientasi hidup yang terang dan jernih. Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengembangkan diri tidak sekedar terkait dengan kerja. Masih banyak bidang-bidang lain diluar profesi kita yang harus kita pelajari. Paling tidak ada tiga wilayah keilmuan yang harus kita pelajari :

1. Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dasar-dasar pembentukan karakter dan potensi diri kita. Ilmu-ilmu yang termasuk ke dalam kategori ini adalah ilmu agama atau ilmu-ilmu pengembangan diri.
2. Ilmu yang terkait dengan penguatan hubungan sosial kita. Yang termasuk dalam kategori ini humaniora. Kita perlu belajar ilmu psikologi, politik, komunikasi, parenting dan lain-lain.
3. Ilmu yang berhubungan dengan pengembangan profesi kita. Ilmu-ilmu ini berhubungan dengan profesi yang akan kita geluti. Misal ingin menjadi dokter, maka belajarlah tentang ilmu kedokteran.

Begitu banyak yang harus kita pelajari. Jika hanya sekedar mengandalkan ilmu yang diperoleh di sekolah tentu sangat kurang. Maka, JADIKANLAH SETIAP TEMPAT SEBAGAI SEKOLAH DAN SETIAP ORANG YANG DIJUMPAI SEBAGAI GURUNYA.

Belum ada Komentar untuk "MENJADI MUSLIM PEMBELAJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel