CARA MUDAH MENDAPATKAN JUARA KELAS

Teman-teman apakah kamu orang yang ingin membuat resolusi baik ditahun ini dengan cara mengukir prestasi? Jika iya kamu ada dibacaan yang tepat. Postingan kali ini, kami akan membagikan cara mudah mendapatkan juara kelas atau apapun itu sebutannya. Eits sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebetulnya seberapa penting si juara kelas bisa menunjang kesuksesanmu dimasa yang akan datang.

Dulu kami pernah mendapatkan whatsapp broadcast disalah satu WAG, pesan itu ditulis oleh Prof. Agus Budiyono, beliau adalah orang yang telah mengarungi sistem pendidikan selama 22 tahun (1 tahun TK, 6 tahun SD, 6 tahun SMP sampai SMA, 4 tahun S1, 5 tahun S2 dan S3) dan kemudian dilanjut mengajar selama 15 tahun di universitas di tiga negara maju (AS, Korsel, Australia) dan tanah air. Beliau mengatakan bahwa Nilai baik berupa ranking, NEM, dan IPK sangat tidak relevan dengan apa yang didefinisikan sebagai kesuksesan.

Pendapatnya tersebut didukung oleh riset yang dilakukan oleh Thomas J. Stanley yang memetakan 100 faktor yang akan berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan seseorang berdasarkan survey terhadap 733 millioner di US. Berdasarkan hasil penelitian beliau ternyata nilai yang baik (yakni NEM, IPK dan tentu saja rangking) hanyalah faktor sukses no ke 30! Sementara itu faktor IQ pada urutan ke-21 dan bersekolah ke universitas/sekolah favorit di urutan ke-23.

Lalu, apakah penting mendapatkan juara kelas? Mari kita bahas bersama.

Siswa yang mendapat juara kelas, pada umumnya adalah siswa dengan akumulasi nilai akademik tertinggi di kelas itu. Artinya siswa itu lumayan konsisten pada setiap mata pelajarannya. meskipun nilai menjadi faktor penentu kesuksesan ke 30, tapi untuk konsistensi itu melewati factor-faktor yang masuk dalam deretan top 10 faktor penentu kesuksesan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Thomas J. Stenly. Apa saja itu? Salah tiga faktor itu adalah disiplin, kerja keras, dan memiliki kepribadian yang kompetitif.

Bukan nilainya yang dikumpulkan lalu menjadi peringkat yang diperkarakan penting atau tidak penting. Namun proses untuk mendapatkan nilainya itulah yang menjadi pertimbangan penting atau tidak penting. Perkarakan jalan yang ditempuh itu, karena proses setiap pencapaian, termasuk proses mendapatkan peringkat banyak hal-hal baik atau tidak baik yang harus dipertimbangkan. Tergantung kita pilih yang mana. Tentunya mendapatkan juara kelas menjadi penting asalkan prosesnya dicapai dari jalan kebaikan.

Allah juga memerintahkan hambanya untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan, maka sah-sah saja kita mengejar yang covernya dunia tapi isinya tetap berorientasi keakhirat. Seorang pelajar, berdakwahnya ya dengan prestasi-prestasinya. Lewat karya-karyanya.

Berikut adalah hal cara mudah mendapatkan juara kelas yang bisa kamu amalkan.

LURUSKAN NIAT

Niat adalah permulaan saat hendak melakukan sesuatu, saat kamu ingin meraih juara kelas, pastikan niatmu benar dan lurus. Karena sesuatu yang diawali dengan baik, InsyaaAllah juga akan berakhir dengan kebaikan pula. Jadi pastikan niatmu untuk mendapatkan juara kelas itu baik ya…,

MERASA BELUM BISA

Setiap saat, setiap waktu, setiap tempat milikilah perasaan bahwa kamu belum bisa. Sehingga, ketika niatmu sudah benar, dan merasa belum bisa, kamu akan terpacu untuk bisa. Meskipun kadang hal atau teori itu sudah kamu pelajari atau kamu lakukan sebelumnya.

ANTUSIAS BELAJAR

Saat pelajaran di kelas atau saat belajar secara mandiri, antusias adalah modal yang bisa kamu jadikan bekal agar semangat belajarmu tetap membara.

SHARING

Sharing ini bisa dengan temanmu atau gurumu. Saat kamu sharing dengan temanmu kamu bisa mengumpulkan data sebanyak-banyaknya bagaimana cara dia belajar, dan seberapa banyak waktu yang dia luangkan buat belajar. Semakin banyak teman yang kamu ajak sharing semakin bagus. Setelah itu, barudeh kamu lakukan lebih apa yang teman-temanmu lakukan. Kalau dengan gurumu, sharing akan banyak mendatangkan banyak inspirasi dan motivasi buatmu. Kisah yang dibagikan, khususnya perjuangan saat belajar itu penting buat mentalmu. Bonusnya, kamu akan mendapat banyak wejangan-wejangan dari gurumu.

JUJUR

Orang jujur akan mujur, percaya deh. Walaupun kadang tidak tampak secara tersurat yang namanya kejujuran akan berujung pada kemujuran. Tidak ada cerita hal kebaikan bisa dicapai dengan ketidak baikan. Tidak perlu iri dengan teman-temanmu yang tidak jujur, lihat saja apa yang kelak akan didapatkannya. Kamu harus tetap stay fokus buat ngelakuin hal-hal baik untuk mewujudkan semua citamu.

REVIEW MATERI

Kalau sudah selesai belajar disekolah, biasakan kamu review setiap materi yang telah diajarkan. Hal baik yang diulang-ulang pada umumnya akan menjadi sebuah kebiasaan. Kelihaian, kelancaran, dan kepiawaian seringkali hanyalah buah dari pengulangan yang berulang dari pada apa yang disebut dengan bakat bawaan.

BELAJAR MATERI SELANJUTNYA

Biasanya seorang guru saat diakhir pelajaran akan menyampaikan materi apa yang akan dipelajari dipertemuan berikutnya. Atau minimalnya seorang guru diawal semester akan menjelaskan apa saja materi yang akan dipelajari selama satu semester berjalan. Tidak hanya itu, kadang juga lengkap diinformasikan sumber belajar apa yang akan digunakan sebagai proses pembelajaran. Nah informasi itu, adalah informasi emas buatmu untuk bisa meraih juara kelas.

Nah, itu dia 7 hal yang bisa kamu amalkan saat kamu ingin mendapatkan juara kelas. Kalau sudah tahu, silahkan diamalkan ya, kami tunggu kisah suksesmu. Semoga kamu berhasil. Oiya, kalau kamu punya tips lain yang belum disebutkan di atas, boleh dong dishare. Agar tips itu bisa jadi amal jariah juga buatmu. Ok. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CARA MUDAH MENDAPATKAN JUARA KELAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel