MAHASISWA KKN KEBUMEN MEMANFAATKAN BUAH PISANG HINGGA KE KULITNYA


Mahasiswa KKN Kebumen Mamanfaatkan Buah Pisang Hingga Ke Kulitnya - sigerkita.com
Tanggamus (16/01/2020).  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung Periode I tahun 2020 Pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus berhasil membagikan inovasinya kepada masyarakat Pekon Kebumen dalam kegiatan pembuatan  keripik pisang dengan menggunakan cokelat lumer dan pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi pakan ternak. Dua kegiatan tersebut merupakan bagian dari sembilan belas kegiatan yang telah dicanangkan. Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Pekon Kebumen melalui ekonomi kreatif.

Pekon Kebumen mempunyai komoditas unggulan yaitu buah pisang, terbukti dari hasil panen yang dapat mencapai 15 ton/bulan. Melihat potensi tersebut mahasiswa KKN ingin memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui ekonomi kreatif dengan pengolahan pisang menjadi keripik. Teknik pengolahan yang digunakan dalam pembuatan keripik pisang tersebut yaitu mencampurkan keripik pisang dengan lelehan cokelat batang. Sedangkan limbah kulit pisang dimanfaatkan untuk pembuatan silase sebagai pakan ternak yang mana dapat membantu persediaan pakan ternak dalam menghadapi musim kemarau. 
Mahasiswa KKN Kebumen Mamanfaatkan Buah Pisang Hingga Ke Kulitnya - sigerkita.com
Mahasiswa KKN Kebumen Mamanfaatkan Buah Pisang Hingga Ke Kulitnya - sigerkita.com
Selain kegiatan pengolahan, masyarakat juga diedukasi untuk memasarkan produk. Teknik pemasaran yang dibagikan yaitu mulai dari labelling hingga promosi melalui media sosial seperti instagram, shopee, dan facebook. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN menggandeng kelompok PKK dan kelompok ternak Pekon Kebumen. Kegiatan pengolahan keripik pisang lumer dilaksanakan di Balai Pekon Kebumen dan dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan silase untuk pakan ternak dari kulit pisang yang dilaksanakan di Posko kelompok ternak Pekon Kebumen.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, penyuluhan, lalu dilanjutkan dengan praktik langsung kepada kelompok sasaran. Tidak sampai disitu saja, mahasiswa juga melakukan pendampingan yang berkelanjutan selama masa pengabdian KKN. 
Mahasiswa KKN Kebumen Mamanfaatkan Buah Pisang Hingga Ke Kulitnya - sigerkita.com
Mahasiswa KKN Kebumen Mamanfaatkan Buah Pisang Hingga Ke Kulitnya - sigerkita.com
Selain kegiatan dibidang ekonomi mahasiswa KKN Pekon Kebumen juga memiliki dua program lagi yaitu dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan. “Selain ini (red: kegiatan pengolahan pisang) bidang pendidikan dan kesehatan juga kami coba kembangkan, berbagai kegiatan kami yang lain seperti pengembangan minat dan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan, pencegahan penyakit menular, penyuluhan tentang stunting, skrining penyakit pada lansia, dan edukasi serta pendampingan masyarakat menuju ODF (Open Defecation Free).” Jelas Rifqi selaku koodinator mahasiswa KKN di Pekon Kebumen. 

Dukungan dari masyarakat sangat baik, dilihat dari antusiasnya mengikuti rangkaian kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi inovasi yang dibawa mahasiswa KKN ini, harapannya semua ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat dan diterapkan oleh masyarakat kami. Semoga kegiatan yang direncanakan mahasiswa KKN dapat berjalan dengan baik” ucap Fakihan, selaku Kepala Urusan Perencanaan Pekon Kebumen.

1 Komentar untuk "MAHASISWA KKN KEBUMEN MEMANFAATKAN BUAH PISANG HINGGA KE KULITNYA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel