MAHASISWA KKN UNILA KEMBANGKAN SEKTOR EKONOMI DI PEKON ARGOPENI


Tanggamus (19/01/2020), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung periode I Tahun 2020 di Pekon (Desa) Argopeni, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus melaksanakan program kerja di sektor ekonomi dengan mengembangkan potensi hasil bumi unggulan yang terdapat pada Pekon Argopeni.

Harapannya, dengan diadakannya program kerja tersebut dapat menumbuhkan masyarakat yang berjiwa kreatif. Sehingga, masyarakat dapat melihat peluang dengan menyajikan sajian produk yang inovatif. Selain itu, dengan adanya program kerja ini, mahasiswa KKN juga berharap dapat menambah peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Sehingga setelah KKN selesai, program tersebut dapat terus berlanjut sebagai salah pundi-pundi ekonomi bagi warga pekon.

Masyarakat pekon Argopeni memiliki beberapa mata pencaharian, diantaranya sebagai petani, pedagang, PNS, Buruh, dan lain-lain. Terdapat sekitar 955  dari 2.722 jiwa warga Argopeni saat ini bekerja sebagai petani dengan mayoritas penghasil pisang janten dan kepok. Pada program kerja ini, dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan  nugget pisang bersama ibu - ibu pekon. Pembuatan nugget pisang ini menggunakan pisang jenis janten dikarenakan harga jual  pisang jenis ini tidak stabil di pasaran. Sehingga saat harganya sedang tidak stabil, masyarakat dapat mengubah pisang tersebut menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi. 

"Kami memanfaatkan pisang yang berlimpah di Pekon Argopeni dengan mengolahnya menjadi produk nugget pisang. Kami memberikan pelatihan pembuatan produk nugget pisang kepada ibu-ibu di Pekon Argopeni yang dilakukan di rumah Pak Kusno selaku Kepala Pekon Argopeni. Tidak hanya pelatihan pembuatan produk nugget pisang, kami juga memberikan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk." Tutup Yanuardi Saputra ketua KKN Universitas Lampung periode I Tahun 2020 di Pekon (Desa) Argopeni.

Belum ada Komentar untuk "MAHASISWA KKN UNILA KEMBANGKAN SEKTOR EKONOMI DI PEKON ARGOPENI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel