GERABAH YANG KIAN MEWABAH


Gerabah Yang Kian Mewah - sigerkita.com
Katarsis dari setiap buku yang saya baca adalah menulis ulang tentangnya atau membeli bukunya. Sama halnya dengan seni, opsi pertama adalah saya akan membuat karya seni semacamnya atau membeli hasil karya seninya. Meski saya faham hasil opsi pertama saya tidak ada keren-kerennya tapi yang saya garis bawahi adalah kebahagiaan dari  menikmati perjalanan prosesnya.

Seni itu mengungkap sisi lain dari diri
penyembuhan yang terjadi dari hati
Walau bukan seniman secara sadar
Tapi lepasnya kepenatan akan tergambar

Berbicara tentang proses maka segala aktifitas tak luput darinya, tapi saat kita bahas suatu keindahan, seni akan ada pada ujungnya. Sebuah karya seni yang dipercaya dengan senang hati mengobati segala kelelahan atas penat dan padatnya atifitas tanpa membebani seniman amatir seperti saya adalah gerabah.
Gerabah Yang Kian Mewah - sigerkita.com
Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat, yang  dibentuk lalu dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia, pada awal kemunculannya gerabah memiliki bentuk yang sangat sederhana seperti gentong, kendi, cobek, dan lain lain. Tapi seiring berjalannya waktu berbagai bentuk gerabah indah tak mengurangi esensi dari sebuah karya yang sebagian besar awalnya menyoroti fungsi.

Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam dan mengumpulkan makanan. Gerabah yang paling sederhana dibentuk dengan hanya menggunakan tangan, yang berciri adonan kasar dan bagian pecahannya dipenuhi oleh jejak-jejak tangan, selain itu bentuknya kadang tidak simetris.
Gerabah Yang Kian Mewah - sigerkita.com
Mendengar kalimat “bentuknya kadang tidak simetris” rasanya bak dilewati sebuah angin segar yang memberi banyak sekali peluang bagi kita agar tidak takut untuk membuat sebuah karya seni . Modalnya adalah percaya diri karena segalanya bisa kita pelajari. Sukses hasil itu urusan nanti, toh tak hanya itu tendensi karya seni. Tapi melewati segala imajinasi.

Imajinasi bisa dinikmati  melalui beberapa tahapan proses perwujudannya, sama halnya dengan kesenian gerabah ini, yang menjadikan imajinasi menjadi sumber inspirasi dari setiap tahapan proses pembuatannya. Yang perlu kita ketahui mengenai proses pembuatan gerabah adalah yang pertama, Pengambilan tanah liat. Tanah liat diambil dengan cara menggali secara langsung ke dalam tanah yang mengandung banyak tanah liat yang baik. Tanah liat yang baik berwarna merah coklat atau putih kecoklatan. Tanah liat yang telah digali kemudian dikumpulkan pada suatu tempat untuk proses selanjutnya.
Gerabah Yang Kian Mewah - sigerkita.com
Yang  kedua, Tanah liat yang telah terkumpul kemudian diolah secara manual dengan diberi air secukupnya agar lebih rekat dan liat. Yang ketiga adalah proses pembentukan, Setalah melewati proses pengolahan tanah, maka tanah liat siap dibentuk sesuai dengan keinginan. Aneka bentuk dan disain depat dihasilkan dari tanah liat. Seberapa banyak tanah liat dan berapa lama waktu yang diperlukan tergantung pada seberapa besar gerabah yang akan dihasilkan. Perajin gerabah akan menggunakan kedua tangan untuk membentuk tanah liat.  Alat-alat yang digunakan hanya butsir atau kayu untuk membantu pembentukan dengan celah yang tak bisa dijangkau tangan serta air untuk membentuk gerabah dengan baik.

Proses  ke empat adalah Pembakaran. Setalah gerabah menjadi keras dan benar-benar kering, kemudian banyak gerabah dikumpulkan dalam suatu tempat atau tungku pembakaran. Gerabah-gerabah tersebut kemudian dibakar selama beberapa jam hingga benar-benar keras. Proses ini dilakukan agar gerabah benar-benar keras dan tidak mudah pecah, dan yang terahir dari menariknya proses ini adalah tahap Penyempurnaan. Dalam proses penyempurnaan, gerabah jadi dapat dicat dengan cat khusus atau amplas sehingga terlihat indah dan menarik sehingga bernilai jual tinggi.

Niat awal si hanya sekedar menciptakan ruang berkualitas untuk diri, tapi ternyata bisa menjadi omset datangnya keuntungan lebih dari yang terbayangkan.  Peluang bisnis sudah pasti, melestarikan seni, bersilaturahmi, berbagi, mengedukasi, sehingga ilmu yang didapat diri terus mengalir kebermanfaatannya, sampai pada keindahan gerabah yang akan menjadi wabah baru bagi pecinta yang awalnya tak mengerti seni.


2 Komentar untuk "GERABAH YANG KIAN MEWABAH"

  1. Dan membacanya jadi makin tertarik dengan seni gerabah
    Thanks sigerkita. Com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel