MAHASISWA PKL UNILA AMATI MANGROVE DI KETAPANG

Pengamatan Mangrove oleh mahasiswa - sigerkita.com
Pengamatan Mangrove - sigerkita.com

Bandarlampung, Sebanyak enam mahasiswa Universitas Lampung belajar tentang pelestarian dan konservasi magrove di ketapang dengan didampingi oleh Mitra Bentala. Ke enam mahasiswa tersebut adalah Oktaria Pramesella, Dwi Aprilia, Yolanda Novitasari, Amin Nasuha, Mufti Maulana Adji dan M. Dedy Setiawan.

Bapak Sahruji, selaku ketua kelompok mangrove di wilayah tersebut, memberikan banyak pengetahuan kepada enam mahasiswa tersebut tentang bagaimana cara menjaga dan melestarikan mangrove serta peran Mitra Bentala dalam menyadarkan masyarakat setempat. 

Pemasangan banner mangrove - sigerkita.com
"Sejak masuknya Mitra Bentala ke wilayah ini, mereka memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membuat tindakan yang dapat merusak alam lagi. Selain itu, mereka juga membuka wawasan kami tentang betapa pentingnya menjaga mangrove sebagai sumber daya alam yang perlu dilestarikan" Ujar Pak Sahruji.

Sejak tahun 2012, kelompok mangrove ini mulai terbentuk dan berjalan dengan jumlah anggota10 orang. Tidak hanya memberikan informasi materi saja, namun mahasiswa tersebut juga diajak untuk turun langsung ke lokasi mangrove untuk melihat keadaan mangrove serta mencoba langsung praktik cara menyemai bibit mangrovenya dilokasi.

Penyemaian mangrove - sigerkita.com
Seperti yang kita tahu, bahwa mangrove memiliki banyak manfaat lain selain untuk mengurangi abrasi, mangrove ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sirup, keripik serta bahan bangunan. Selain digunakan untuk kepentingan wirausaha, mangrove di wilayah ini juga digunakan sebagai peran edukasi bagi para wisatawan yang sedang berlibur di pantai ketapang maupun yang akan menyebrang ke pulau-pulau kecil lain disekitarnya, dengan sistem setelah berlibur mereka harus menanam satu batang pohon. Dengan begitu kelestarian mangrove akan terus berkelanjutan dan akan menumbuhkan wisata alam mangrove.

Belum ada Komentar untuk "MAHASISWA PKL UNILA AMATI MANGROVE DI KETAPANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel