MAHASISWA FISIP UNILA PKL DI TAMAN KEHATI TANGGAMUS

Mahasiswa PKL dan pengurus taman kehati - sigerkita.com
Tanggamus, 23 Juli 2020 - Enam Mahasiswa PKL Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung yakni Amin Nasuha, Dedy Setiawan, Dwi Aprilia, Mufti Maulana Adji, Oktaria Pramesela, dan Yolanda Novita Sari melakukan kunjungan serta observasi terkait model pemberdayaan masyarakat di Taman Kehati Galih Batin, Tanggamus. Pemberdayaan masyarakat mendapat binaan dari LSM Mitra Bentala serta didampingi oleh Danone Aqua. 

Tujuan mahasiswa PKL ke Taman Kehati adalah untuk mengetahui dan mempelajari model pemberdayaan yang dilakukan oleh LSM Mitra Bentala dan Danone Aqua terhadap lingkungan sekitar. Taman kehati ini dikelola oleh kelompok tani dan dibantu masyarakat sekitar. Kelompok tani beranggotakan lima orang  yang diketuai oleh Bapak Lukman. 

Foto bersama Mitra Bentala dan CSR PT Danone - sigerkita.com
LSM Mitra Bentala sudah melakukan pembinaan selama 3 tahun yang lalu. Pembinaan yang dilakukan berupa pengorganisasian masyarakat untuk melakukan pengelolaan lahan secara maksimal dan berkelanjutan tanpa merusak lingkungan. Ditaman tersebut, terdapat jalur PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) yaitu shelter konservasi, shelter komposting, shelter pembibitan, basecamp PLH, camping ground, agrowisata selada air, dan shelter das (daerah aliran sungai).

PLH merupakan pengajaran untuk mengubah perilaku tentang nilai lingkungan dan permasalahan lingkungan. Adapun tujuan yaitu memperkenalkan kebudayaan Taman Kehati, meningkatkan pengetahuan tentang fungsi potensi hutan dan air, melakukan dan memperkenalkan pengelolaan sampah, meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Jenis-jenis tanaman yang ada di Taman Kehati merupakan tanaman langka dan berupa keanekaragaman hayati. Taman Kehati disebut taman keanekaragaman hayati merupakan suatu program kementerian lingkungan hidup yang diselengarakan untuk menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan asli atau lokal yang memiliki tingkat ancaman yang sangat tinggi terhadap kelestariannya atau ancaman yang mengakibatkan kepunahan. Output yang di dapat bagi mahasiswa adalah mahasiswa mengetahui betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta mendapat pengetahuan berbagai jenis tanaman di Taman Kehati.

Belum ada Komentar untuk "MAHASISWA FISIP UNILA PKL DI TAMAN KEHATI TANGGAMUS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel