BEM FKIP UNILA TETAP BERKARYA DITENGAH PANDEMI

Desa binaan merupakan program yang dijalankan secara rutin oleh BEM FKIP Universitas Lampung setiap tahun sebagai wujud pengabdian masyarakat. Desa binaan BEM FKIP UNILA diselenggarakan di Kelurahan Wai Lubuk, Kabupaten Lampung Selatan pada 10 - 12 September 2020 dengan mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat melalui Ekonomi Kreatif, Kesehatan, dan Pendidikan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru".

Kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat mahasiswa mengenal jati diri dan dari mana tempat mereka berasal. Hal tersebut senada dengan apa yang dikatakan oleh Gubernur mahasiswa FKIP, Eko Wiyanto, "Mahasiswa harus mengenal jati dirinya, dari mana mereka berasal. Hal ini supaya mahasiswa tetap memihak kepada kepentingan rakyat. Sebagai bentuk pembuktian hal itu, BEM FKIP UNILA mengusung kegiatan pengabdian masyarakat dengan nama Desa Binaan. Lewat desa binaan ini, kami akan berupaya dan belajar memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat" ujarnya.

Desa binaan Tahun 2020 pun berbeda dari tahun sebelumnya, karena diselenggarakan di tengah pandemi covid-19. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh BEM FKIP UNILA agar mendapatkan perizinan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. BEM FKIP UNILA harus mendapatkan perizinan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan sebelum menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti desa binaan tahun ini harus menjalani rapid test sebagai tanda bukti bebas covid-19. 

Hal tersebut dilakukan agar niat baik mahasiswa tidak menimbulkan cluster baru karena penambahan kasus covid-19. Kemudian, saat kegiatan berlangsung, mahasiswa akan mengecek suhu terlebih dahulu menggunakan alat suhu untuk memastikan tidak ada masyarakat yang menunjukkan ciri-ciri covid-19. Lalu, mahasiswa dan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut wajib menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Desa binaan BEM FKIP UNILA 2020 mengusung program kerja sebagai berikut:

1. Tabligh akbar sekaligus penyambutan mahasiswa,
2. Penyuluhan sikat gigi yang baik dan benar,
3. Senam bersama, gotong royong, dan kreasi bersama,
4. Penyuluhan media pembelajaran,
5. Penyuluhan Adaptasi Kebiasaan Baru bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan ,
6. Mengaji,
7. Have fun,
8. Praktik pembuatan keripik atau sale kelapa,
9. Launching Desa Binaan BEM FKIP Unila 2020
.


Ed/DP

1 Komentar untuk "BEM FKIP UNILA TETAP BERKARYA DITENGAH PANDEMI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel