SEPOTONG ROTI By QORY MEI PILIA


UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung: Ketika lembaran baru bersamamu aku mulai, Untuk menuju stasiun impian yaitu surga yang Allah janjikan.

 

Masih terekam jelas dalam ingatanku, 17 September Tahun 2016 itu jadi hari bersejarah dalam hidupku karena menyandang status baru.  Wah hebatnya aku, sekarang aku sudah jadi mahasiswa. Menariknya, ketika proses KULTA (Kuliah Ta'aruf dulu bahasanya) ada sesi dimana semua UKM dan Ormawa kampus ikut andil dengan memberikan beragam pertunjukan. Dimulai dari saat itu, rasa tertarik dengan UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung mulai aku rasakan. Penampilannya yang paling meriah dengan jumlah anggota yang banyak namun tetap kompak, diiringi dengan instrumen yang menggugah jiwa. Dalam hati aku berkata "Akan lebih seru kalau aku ikut andil dalam kegiatan yg meriah ini" dan pada akhirnya ditanggal 1-2 Oktober 2016 aku memutuskan untuk ikut dalam orientasi anggota baru UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung yg disebut PKD (pelatihan Kader Da'i) mendengar itu aku langsung terbayang akan anggotanya yang sholeh dan sholeha alias calon penghuni syurga (Aamiin). Benarkah orang-orang yang ada di UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung semuanya sholeh dan sholeha?  Jawabannya ada diceritaku selama aku di BAPINDA.

 

Aku memulai kisahku dengan ikut PKD dan setelah itu aku mulai ikut andil dalam struktur kepengurusan. Ternyata UKM bapinda memiliki anak cabang disetiap Fakultas. UKMF IBROH menjadi naunganku yang pertama kali, karena aku mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Selain itu, ada UKMF GEMAIS di Fakultas Syariah, UKMF SALAM di Fakultas Ushuludin dan Studi Agama, UKMF RABBANI di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, dan UKMF IKRIMAH di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Saat aku masih menjadi mahasiswa baru, untuk menghilangkan rasa rindu dengan kampung halaman biasanya aku selalu ikut segala macam kegiatan UKMF atau UKM BAPINDA.

 

Karena suasana dalam setiap kegiatan selalu berwarna dan menyenangkan sehingga tidak membuat aku bosan. Kadang aku mengikuti kajian baik itu keagamaan atau keilmuan, kadang aku ikut out bond dan rihlah, saat istirahat aku suka bercerita dengan teman-teman yang lain dan bahkan bukan hanya kegiatan di dalam kampus yang aku ikuti. Kegiatan dari UKM rohis luar kampus pun aku pernah ikuti lewat UKM BAPINDA seperti aksi solidaritas palestina dan masih banyak lagi. Hal itulah yang membuat jaringan pertemanan ku cukup luas. Aku bisa memiliki saudara dan teman diluar kampus.

 

Dimulai dari kehadiran dihari pertama PKD, sampai hari ini aku masih menyandang status sebagai pengurus UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung, yang paling aku sering rasakan adalah senang dengan campuran rasa sedih dan terharu. Senang karena bertemu teman-teman yang mengingatkan untuk sholat diawal waktu, senang ikut andil dalam kegiatan amal, kajian keagamaan, kajian keilmuan, bahkan agenda rihlah yang pastinya tidak boleh ketinggalan. Banyaknya kegiatan yang menyenangkan bukan berarti aku tidak merasakan sedih dan terharu. Adakalanya saat akan mengadakan kegiatan berselisih paham dengan teman yang lain namun ini yang membedakan UKM BAPINDA dari ekstrakulikuler yang pernah aku ikuti.

 

Perselisihan yang terjadi tidak pernah bertahan lama, karena satu sama lain akan saling introspeksi diri dan teman yang lain akan selalu menasehati sehingga perselisihan itu tidak akan menjadi perang dunia ke-3. Rasa haru yang aku alami ketika kegigihan teman-teman untuk melewati semua rintangan saat akan mengadakan agenda. Kalimat yang sering aku dengar saat mereka mulai putus asa ialah "Tenang ada Allah bersama kita". Sampai detik ini aku masih ingat suasana pada saat itu, rasa haru menyelimuti sampai ingin membanjiri jilbab panjang ku dengan bendungan air mata. Hebatnya teman-teman ku.

 

Awalnya aku selalu minder dengan pengetahuan agamaku yang pas-pasan dan harus bergaul dengan orang-orang yang pemahaman agamanya bagus. Kakak tingkat yang ada sangat ramah dan baik hati, bahkan pernah ada seorang kakak tingkat yg akan mulai mengunyah sepotong roti saat aku datang beliau bertanya "sudah makan dek?" karena jawaban ku belum roti yang hanya seukuran genggaman tangan perempuan yang kecil ia bagi dengan rata kepadaku. Sungguh baik kakak itu. Tidak hanya sampai disitu masih banyak kejadian lainnya yang menunjukkan begitu kuat nya sifat kekeluargaan dalam UKM BAPINDA.

 

Terlepas dari itu semua, ingatlah jangan merasa minder karena kader-kader dari UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung itu bukan perkumpulan orang-orang sholeh tapi perkumpulan orang-orang yang mau belajar menjadi sholeh, mau belajar agama bersama, lakukan kegiatan bermanfaat untuk orang banyak bersama, tertawa bercerita bersama. Bahkan aku kira kader-kader UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung hanya pandai mengaji, ternyata ada yang pandai dalam sastra, pandai dalam karya seni, desain-desain menggunakan berbagai aplikasi yang kekinian, bahkan ada yang pandai berorasi dan masih banyak lagi. Singkatnya kader UKM BAPINDA itu multitalenta. Jadi, jangan sampai kamu tidak tau apa talentamu kalau sudah ikut UKM bapinda. Karena disini beragam kegiatannya mampu mengasah kemampuan hebat yang kamu punya.  Jangan merasa aku belum soleh untuk gabung UKM BAPINDA, karena BAPINDA tidak mencari anggota yang soleh melainkan orang-orang yang mau belajar jadi lebih baik.

 

Puncak kegiatan tahunan UKM bapinda ialah latansa, sampai saat ini aku sudah menghadiri tiga kali kegiatan besar itu.  LATANSA (Gelaran Tahunan Satu Rasa) yang  merupakan kegiatan merayakan milad UKM BAPINDA. Acaranya seru sekali bukan hanya kegiatan tabligh akbar yang menjadi puncak acara, tapi ada kegiatan lain seperti talkshow kemediaan yang mengundang narasumber ahli dalam media dan kepenulisan, talkshow kemuslimahan yang membahas tuntas masalah perempuan. Untuk lebih lengkapnya siapa saja yang pernah BAPINDA undang, bisa langsung cek ke instagram dari UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung.

 

TENTANG PENULIS

 

Ini ceritaku bersama UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung,  ayo ukir sejarah dengan banyaknya cerita dan kenangan bersama dengan gabung di UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung. Qory Mei Pilia, itulah namaku, mahasiswa pendidikan fisika 2016 UIN Raden Intan Lampung. Alumni SMA Negeri 02 Kotabumi (Kampus Jalawiyata ) Mantan Staff Kaderisasi dan KIM UKMF-IBROH, Bendahara Umum UKM BAPINDA, dan sekarang sebagai Staff Dana Ekonomi Organisasi UKM BAPINDA UIN Raden Intan Lampung.

1 Komentar untuk "SEPOTONG ROTI By QORY MEI PILIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel