FAMILY VALUE

Keluarga merupakan kelompok kecil dari makhluk sosial yang ada di bumi ini. Kelurga juga wadah bagi setiap manusia untuk tumbuh dan berkembang menjadi kelompok yang lebih besar lagi. Manusia tersebut selalu berhubungan, berkomunikasi dan berinteraksi membentuk suatu peradaban.

Value berarti nilai. Nilai yang dimaksud adalah hal-hal yang mengenai baik, diinginkan dan benar.

Family value adalah nilai-nilai keluarga yang menjadi ruh suatu keluarga. Keluarga diibaratkan sebagai tubuh seseorang sedang value diibaratkan ruh. Agar tidak menjadi seperti robot yang berbentuk manusia, hanya bekerja, beraktivitas, dan menjalankan hal-hal seperti biasanya tanpa memiliki ruh / rasa pada apa yang dilakukan.

Misalnya di sebuah keluarga yang tidak memiliki family value seperti bapak yang hanya sibuk bekerja dan punya ruangannya sendiri tanpa perduli dengan perkembangan anak-anaknya. Atau anak-anak yang hanya selalu asyik mainan sendiri tanpa saling dan acuh pada semua kegiatan yang ada di rumah. Seharus tidak demikian, bapak punya peran untuk mendidik anak-anaknya, memberikan kasih sayang yang penuh pada setiap anak-anak, tidak hanya bekerja dan mencari uang. Begitu juga dengan anak, perlu memahami peranannya di rumah, termasuk membantu ibu atau ayahnya dalam hal yang bisa dilakukan. Melihat pentingnya sebuah nilai maka perlu di dalam sebuah keluarga atau rumah yang nama nya Family Value.  Baik itu keluarga baru, pasangan baru, atau yang sudah lama. Family value juga menjadikan rumah layaknya sebagai syurga.

 

Mengutip sebuah family value dari motivator terkenal yaitu Bapak Jamil Azzaini. Family value keluarga mereka adalah ACI. ACI singkatan dari Agama, custemer service dan integritas. Agama adalah landasan nilai paling panting ungkapnya. Bila suatu keluarga memiliki nilai-nilai beragama maka semua urusan yang terjadi akan dikembalikan pada urusan agama. Agama disini adalah menyadari bahwa kita seorang muslim. Muslim itu nenek moyangnya adalah nabi Adam dan Siti Hawa, rumah asal kita adalah syurga. Maka dengan value agama akan selalu berorientasi pada tujuan akhir yaitu syurga.

Nilai agama juga sangat mudah meminimalisir dan menangani masalah-masalah yang biasa muncul. Misalnya seorang bapak yang membandingkan anaknya dengan anak orang lain, tentu di dalam agama hal ini tak boleh dilakukan karena itu berarti tidak bersyukur. Seorang istri yang mengeluh dengan urusan rumah tangganya, akan dikembalikan lagi pada agama bahwa istri bertugas melayani suami dan menjaga anak-anaknya. Dengan ini suatu perkara permasalahan yang ada di rumah akan mudah dan segera terselesaikan.

Value kedua adalah custemer service yang artinya adalah pelayan. Makna pelayan disini adalah buah dari cinta. Seperti halnya orang-orang yang berada disebuah perusahaan selalu berusaha melayani pelanggannya (custemernya) dengan sepenuh hati, sepenuh jiwa dan memberikan yang terbaik. Bila nilai ini hadir disebuah keluarga, bisa dibayangkan bahwa rumah menjadi layaknya keindahan saling melayani dan ikhlas memberikan pelayanan.

Nilai terakhir adalah integritas. Integritas artinya jujur, dapat diartikan lebih luas lagi bahwa apa yang diucapkan atau disampaikan adalah apa yang dilakukan. Sehingga tak menjadi barisan orang yang munafik apabila berjanji ingkar, bekata dusta dan dipercaya justru berkhianat. Contoh kecil dari sebuah intgritas adalah saling menjaga waktu, apabila janji pukul 06.00 wib maka berusaha untuk hadir sebelum dijam tersebut. Penulis juga sedang berupaya belajar mengenai ini, semoga kita semua bisa lebih baik, punya integritas dan bersegera menyusun family value di rumah sehingga kehidupan rumah bisa terwujud layaknya syurga. Aamiin....

Lebih lanjut dan detail membahas family value ada pada IG TV anak dari motivator Jamil Azzaini @nadhiraarini

Belum ada Komentar untuk "FAMILY VALUE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel