Melatih Jiwa Cepat Tanggap Peduli Bencana, Rumah Kami Peduli Bandar Lampung Sukses Gelar Pelatihan Relawan


sigerkita.com - Bandar Lampung - Pengurus Rumah Kami Peduli (RKP) Lampung sukses menggelar Pelatihan Relawan yang bertempat di Wira Garden Bandar Lampung. 

Agenda yang berlangsung selama tiga hari ini (18-20 Juni 2021) diikuti lebih dari 38 peserta dari berbagai penjuru kabupaten di Provinsi Lampung. 

Direktur RKP Lampung,  Habibbulloh Al Ansyor mengatakan, Pelatihan ini diadakan dalam rangka memberikan bekal pengetahuan serta seluruh relawan bisa siap sedia dalam merespon bencana apapun yang terjadi. 

"Kita ingin para relawan ini nantinya bisa bergerak secara tanggap dan cepat dalam merespon bencana alam seperti banjir,  longsong, tsunami dan lain-lain."ujarnya. 

Ia juga menjelaskan, materi yang diberikan kepada peserta sesuai dengan TOR yang sudah disiapkan oleh pengurus RKP.  "Ada beberapa materi yang kami berikan pada pelatihan ini diantaranya bagaimana cara mendirikan posko, bagaimana menggalang, mengelola dan juga menyalurkan donasi, mitigasi bencana, bagaimana bertahan hidup (Survival) melakukan assessment dan memberikan simulasi mengenai trauma healing." jelasnya. 

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah kepekaan sosial kita di tengah-tengah masyarakat. Khususnya masyarakat yang sedang terkena bencana.

"Karena kita sebagai mahluk sosial tentu kerelawanan adalah sebuah keniscayaan sehingga perlu diasah agar para relawan mampu memahami situasi bencana yang sedang dihadapi." pungkasnya.

RKP adalah salah satu lembaga semi otonom yang merupakan bagian dari organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Tahun ini adalah tahun pertama RKP Wilayah Lampung menggelar agenda dan programnya dalam orientasi relawan. [DP]

Belum ada Komentar untuk "Melatih Jiwa Cepat Tanggap Peduli Bencana, Rumah Kami Peduli Bandar Lampung Sukses Gelar Pelatihan Relawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel