Menyamai Moderasi Beragama di Provinsi Lampung

Sigerkita.com

sigerkita.com - Guru Pendidikan Agama Islam yg berada di Kabupaten Tanggamus & Pesisir Barat Hari ini mendapat Giliran Dari Progam Kolaborasi PGRI & AGPAII PROV LAMPUNG dalam acara “Roadshow Penguatan Kompetisi Guru Literasi Moderasi Beragama Penyelenggaraan Satu Sekolah Satu Buku Karya Guru Agama, Selasa, (21 /09 /2021).
Dokumentasi Sambutan - sigerkita.com

Dalam Sambutan Resminya Azebtina layon.M.Pd. Selaku Ketua DPD AGPAII Kabupaten Tanggamus yang sekaligus membuka secara resmi acara tersebut berharapan Kegiatan ini terus ditingkatkan dan diselenggarakan dalam rangka memberikan suport terbaik untuk Guru guru Agama Islam Di Provinsi Lampung terkhusus hari ini Untuk Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesisir Barat.

Beliau mengatakan meski Kegiatan ini harus dilakukan melalui Webinar Zoom Meeting karena situasi dan kondisi dalam Pandemi tetap kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahim antar Guru PAI Se-Provinsi Lampung dan memantik kembali semangat-semangat guru PAI untuk terus berkarya dan memberikan Usaha Terbaik dalam menegakan Nilai Nilai keagamaan dilingkungan sekolah masing-masing, Kata Azebtina.

Disisi lainpun beliau Berharap semoga dengan adanya Peluang sudah Mulai Tatap Muka Terbatas sekarang ini menjadi Harapan Baru sehingga bisa bertemu secara langsung dalam dunia nyata untuk berkumpul dalam kebaikan dan melaksanakan berbagai macam agenda dengan lebih maksimal lagi, Ungkapnya.

Dalam Kegiatan Webinar ini di Instrukturi TIM GPM (Guru Pelopor Moderasi) utusan DPW AGPAII Provinsi Lampung Dalam Ajang Diklat GPM Secara Nasional yg sedang Berlangsung Sejak 24 Maret 2021 akan berakhir di Maret 2022 di Padang sebagai acara puncak dari kegiatan ini dalam kegiatan Kongres Ke-4 AGPAII secara Nasional.


Kolaborasi 4 Materi Hari ini membuat Peserta Webinar GPAI Tanggamus dan Pesisir Barat membuat peserta antusias menyimaknya Materi demi materi yg disampaikan, dimulai dengan Pemateri yg di sampaikan Oleh Dr. H. Mahrus Ali, S.Pd.I, M.Pd. beliau menyampaikan Pengertian Moderasi Beragama beliau Menyampaikan Moderasi agama adalah sebuah cara pandang terkait proses memahami dan mengamalkan ajaran agama agar dalam melaksanakannya selalu dalam jalur yang moderat. Moderat di sini dalam arti tidak berlebih-lebihan atau ekstrem. Jadi yang dimoderasi di sini adalah cara beragama, bukan agama itu sendiri. Maka di sinilah diperlukan moderasi beragama sebagai upaya untuk senantiasa menjaga agar seberagam apapun tafsir dan pemahaman terhadap agama tetap terjaga sesuai koridor sehingga tidak memunculkan cara beragama yang ekstrem, Ujarnya.

Untuk itu Penguatan moderasi beragama di Indonesia saat ini penting dilakukan didasarkan fakta bahwa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dengan berbagai macam suku, bahasa, budaya dan agama. Indonesia juga merupakan negara yang agamis walaupun bukan negara berdasarkan agama tertentu.


Dilanjutkan dengan Dra. Zuriati, M.Pd pada sesi beliau, Beliau lebih kepada Penyampaian Latar Belakang yang membuat harus ditegakan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Negeri ini yang dilatarbelakangi untuk mengurangi dan menghilangkan kebiasaan Berita-berita Hoax, serta Isu – isu keagamaan terkait Radikalisme dan Terorisme yang dalam kegiatan Moderasi Beragama disekolah harus melibatkan Stackholeder yang ada dilingkungan sekolah seperti Kepala sekolah dan jajarannya, Guru serta siswa siswi baik yg menjadi sasaran utama yakni siswa yang tergabung dalam ROHIS & OSIS yg pada akhirnya bermuara kepada Seluruh sisqa di lingkungan sekolah, harapannya.

Nilai Nilai Moderasi Beragama harus tertanam dan tertancam dengan mantab di hati para peserta didik, Guru dan semua Stackholeder yg ada dilingkungan sekolah sehingga bisa menimbulkan Toleransi yg tinggi diantara sesama sehingga bisa terwujud perdamaian dan Keamanan serta kenyamanan dalam lindungan sekolah & masyarakat.

dokumentasi penyampaian materi - sigerkita.com

Dalam Kegiatan hari ini ada yang spesial dibandingkan Roadshow yang sudah dilaksanakan di kabupaten dan kota sebelumnya, karena pada kesempatan ini Hitoti, S.Pd TIM GPM Lampung juga mempresentasikan Kegiatan Moderasi Beragama di sekolah nya yang sudah dilakukan beliau, sesungguhnya presentasi beliau akan di laksanakan pada acara Webseris Ke-4 GPM NASIONAL Pada Hari Sabtu, 25 September 2021 mendatang, sehingga acaraa ini menjadi bervariasi dan berwarna serta atusian serta tempuk tangan bertubi tubi dari Peserta Webinar yg antusias ingin menyaksikan secara langsung webseris ke 4 mendatang secara Nasional..


Kegiatan Siang Menjalang sore Hari itu di sempurnakan Dengan Bapak Damsi, S.Pd, beliau Lebih dahulu sudah Tampil dan Mempresentasikan kegiatan Moderasi Beragama dari sekolah Di ajang Webseris Ke-1 Tingkat Nasional yg di laksanakan pada tgl 24 Juli 2021 Kemarin. Beliau menyuguhkan Kegiatan Moderasi Beragama Dari sekolah beliau di SMAS Tamansiswa Teluk Betung, beliau menyampaikan Langkah langkah Pelaksanaan Kegiatan Moderasi Beragama dari sekolah sampai dengan contoh contoh karya Moderasi beragama berupa poster, Video Moderasi, Pantun, Puisi, yg di Viralkan di Provinsi Lampung dengan #moderasibergamasmatamsis serta di akun Instagram @gpm_smatamsis untuk selanjutnya Bapak Damsi Menyampaikan mari kira menegakan Nilai Nilai Moderasi Beragama di Provinsi Lampung tercinta dengan sama sama kita viralkan #moderasibergamalampung sehingga segala bentuk kegiatan moderasi beragama di Lampung dapat di unggah di sosial media dan menjadi bukti penyemaian nilai nilai moderasi beragama di provinsi Lampung, Pintanya.

#moderasiberagamalampung - sigerkita.com

Ketua umum DPW AGPAII Provinsi Lampung Zainal Abidin, S.Pd.I, M.M merupakan sosok yang menunggangi segala kegiatan AGPAII Provinsi Lampung bahkan ditingkat Nasional, beliau memiliki peran yang sangat penting dan selalu memberikan suport dalam segala jenis kegiatan Guru PAI terkhusus di Provinsi Lampung.

Zainal Abidin mengapresiasi Pemateri dan Peserta yg antusian mengikuti kegiatan ini sampai akhir sesi, dan mengajak untuk sama sama menegakan nilai nilai moderasi di provinsi Lampung tercinta.

Mari kita tuntaskan Roadshow Kolaborasi PGRI dan AGPAII Provinsi Lampung ini sampai dengan Akhir bulan seperti ini sehingga seluruh kabupaten dan kota di provinsi Lampung tersampaikan nilai nilai moderasi beragama yg selanjutnya menjadi amanah bersama untuk Guru PAI Se-Provinsi Lampung untuk Menegakkan Moderasi Beragama dimulai dari sekolah Masing-masing, harapannya. (Dams)

Belum ada Komentar untuk "Menyamai Moderasi Beragama di Provinsi Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel