BAITUL ARQOM MAHASISWA AWAL STUDI UMPRI 2021

 


sigerkita.comUniversitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI), melalui Lembaga Pendidikan, Pembinaan dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyah (LP3AIK). Mengadakan kegiatan Baitul Arqom Mahasiswa Awal Studi (BAMAS) yang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru UMPRI di awal masa kuliah pada tahun Akademik 2021/2022.


Ketua panitia menyampaikan Kegiatan Bamas ini dilaksakan selama 3 hari 2 malam dengan jumlah peserta 860 mahasiswa dengan pembagian dua kelas reguler dan konversi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode daring melalui Zoom untuk penyampian materi dan Google Clas Room digunakan untuk melakukan evaluasi kegiatan peserta dengan di bantu oleh para mentor. Mentor adalah Mahasiswa yang sudah diseleksi oleh Lembaga AIK dari Semter 3 dan 5 dengan kemampuan hafalan Al Qur’an lebih dari 20 surat yang berasal dari 4 fakultas yang ada. 


Kegiatan Bamas kali ini mengambil tema “Internalisasi Nilai-Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan Untuk Mewujudkan Mahasiswa Unggul, Islami dan Dinamis”. Dari tema ini diharapkan peserta Bamas memiliki pemahaman dan keyakinan yang benar secara ke Islaman dan Kemuhammadiyahan serta memiliki komitmen dalam mengembangkan nilai perjuangan Muhamammadiyah, kata Drs. Saukani, MM. selaku Ketua Panitia Banas. 


Lebih lanjut ketua panitia menyampikan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan wajib untuk mahasiswa. Kegiatan ini adalah awal untuk masuk kegiatan mentoring mahasiswa sebagai kegiatan menguatkan keIslaman dan Kemuhammadiyahan. Yang mana kegiatan metoring itu berisi penguatan pemahaman ibadah dan juga penguatan tentang hafalan Al Qur’an, dan kegiatan tersebut di awali dengan kegiatan bamas ini. Tutup Drs. Saukani, MM. 


Drs. Wanawir, MM., M.Pd selaku Rektor UMPRI saat pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan Bamas ini menjadi kegiatan unggul dari UMPRI dan menjadi pembeda dari perguran tinggi yang ada. Maka dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu membentuk Akhlak yang baik dengan adanya materi-materi yang menunjang tujuan tersebut. Kegiatan bamas diharpakan juga dapat membantu mewujudkan visi dan misi UMPRI, agar mahasiswa UMPRI menjadi Unggul dalam pemikiran dan tingkah laku, memiliki keluwesan dalam berfikir dan bertindak dengan hal ini dakwah Islam amar makruf nahi mungkar dapat terlaksanakan dengan baik. Selain itu kegiatan ini juga menjadi wadah dan tempat penggembleng pemahaman ke Islaman mahasiswa walaupun dengan waktu singkat. Tentunya kampus akan mendukung semua kegiatan dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang berkualitas secara fikiran, perkataan serta tindakan. 


Untuk mewujudkan apa yang disampikan oleh Rektor dan ketua panitia, maka materi dari Bamas ini terdiri dari 7 materi yang terdiri dari materi keIslaman dan Kemuhammadiyah. Antara lain materi Hakekat Islam, Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih, Ibadah Mahdah dan Nafilah, Matan Keyakinan Cita-cita Muhammadiyah, Muhammadiyah Sebagai gerakan Ilmi Amaliah, Amla Ilmiah, Profil kader Muhammadiyah dan tokoh Muhammadiyah serta Etos Kerja kader Muhammadiyah. Pemateri berasal dari dosen UMPRI yang juga sebagai Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pringsewu yang merupakan kader pilihan dan sesuai dengan kemampuan yang sesuai dengan materi, ungkap Hasbullah, sebagai Master of Training Bamas UMPRI.

Belum ada Komentar untuk "BAITUL ARQOM MAHASISWA AWAL STUDI UMPRI 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel