KKN UNILA SRIBASUKI BERI PENYULUHAN CUCI TANGAN

KKN UNILA Sribasuki beri penyuluhan cuci tangan - sigerkita.com
Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (UNILA) Periode I Tahun 2020 Desa Sribasuki Kecamatan Batang Hari Kabupaten Lampung Timur yang beranggotakan Aric Maulana (Ilmu Hukum ’17) sebagai Koordinator Desa, Distra Olya Rizki (Agroteknologi ’16), Ema Diya Yusita (Administrasi Negara ’17), Riandi (Manajemen ’17), Rizka Fauzia Amalia Ananda (PGSD ’17), Shania Evingelinda (Kedokteran ’17), dan Tasya Prisrie Putri Utami (Agribisnis ’17) di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Ibu Siska Meirita, M.Pd mengadakan kegiatan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam bentuk Gerakan Cuci Tangan Bersama. Acara dilaksanakan di SDN 3 Sribasuki pada hari Jum’at (17/1) dengan sasaran kegiatan peserta didik kelas 1-6. 

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada anak-anak sejak dini” ujar Shania mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 

Gerakan Cuci Tangan Bersama ini dilaksanakan setelah peserta didik melakukan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat yaitu senam pagi dan bersih-bersih lingkungan sekolah. Kegiatan Gerakan Cuci Tangan Bersama ini  disambut dengan antusias oleh para peserta didik dan sangat didukung oleh Tenaga Pengajar yang ada di SDN 3 Sribasuki, dikarenakan kegiatan ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

Tangan yang tidak bersih akibat lupa mencuci tangan dapat menjadi media penularan berbagai macam penyakit seperti diare, cacingan, flu, tifus, hepatitis A dan berbagai penyakit lainnya. Mencuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman. Dalam hal ini, kelompok masyarakat yang mudah terserang penyakit adalah anak-anak, namun kesadaran anak-anak usia sekolah untuk melakukan cuci tangan dengan sabun masih sangat rendah. 

Gerakan Cuci Tangan menggunakan sabun merupakan salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah. Kegiatan ini pun telah mendapatkan persetujuan dari Ibu Anggi Chandra Jatmiarti, Amd.Keb selaku bidan Desa Sribasuki.

3 Komentar untuk "KKN UNILA SRIBASUKI BERI PENYULUHAN CUCI TANGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel