SENSUS PENDUDUK TAHUN 2020 BERBEDA

Sensus Penduduk Tahun 2020 Berbeda - sigerkita.com

Penduduk Indonesia berjumlah 269 juta jiwa tercatat pada tahun 2019, menduduki posisi terbesar ke empat di dunia. Angka ini berpotensi untuk terus mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Jumlah penduduk diketahui dengan salah satu cara yaitu sensus penduduk yang diadakan selama 10 tahun sekali. Dimulai sejak tahun 1930 Indonesia mengawali perhitungan jumlah penduduknya. Sensus penduduk biasanya dilakukan dengan dua metode yang berbeda yaitu : metode householder dan metode canvasser. Metode householder dilakukan dengan cara melibatkan kepala keluarga untuk mengisi data sedangkan metode canvasser hanya dilakukan oleh petugas untuk mendapat data lebih valid melalui wawancara. Kekurangan dari kedua metode tersebut adalah memerlukan banyak waktu dalam proses pelaksanaannya.

Sensus tahun 2020 ini adalah sensus ke 8 setelah dilaksanakan pada tahun 1930, 1961, 1970, 1980, 1990, 2000, dan 2010. Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertugas melaksanakan sensus, tahun 2020 akan mengadakan sensus dengan salah satu cara yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sejalan dengan kemajuan teknologi, baru-baru ini marak terdengar revolusi industri 4,0 yang bertujuan membuat basedata mendunia. Maka BPS mengadakan sensus penduduk tahun 2020 dapat dilakukan secara online. Seluruh masyarakat dapat mengakses secara mandiri, mengisi dan mencatat informasi kependudukannya. Melalui situs sensus.bps.go.id dimulai sejak 15 Februari s/d 31 Maret 2020. 

Cara tersebut akan menjadi trobosan dalam mempersingkat waktu pelaksanaan sensus, namun demikian jika ada masyarakat yang tidak melakukan secara online akan tetap ada petugas sensus dengan metode canvasser yang dilaksanakan selama sebulan yaitu pada tanggal 1 – 31 Juli 2020. Dalam situs sensus.bps.go.id yang merupakan situs resmi BPS dikepalai Suhariyanto dipaparkan sebagai berikut :
“Badan Pusat Statistika memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020 dengan pendataan mandiri tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI)”. 
Dengan demikian BPS mampu memperoleh tujuannya menyediakan jumlah data, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.  

Belum ada Komentar untuk "SENSUS PENDUDUK TAHUN 2020 BERBEDA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel