PENUTUP YANG INDAH BAGI SURAT AL-BAQARAH

Akhir ayat Al-Baqarah - sigerkita.com

Surat Al-Baqarah setelahnya menyebutkan ayat yang diturunkan di Madinah ini diakhiri dengan penutupan yang indah, yang sesuai dengan pembebanan yang banyak, yang tercakup dalam surat ini, seperti: shalat, zakat, haji, shaum, jihad, infak, talak, dan hukum-hukum syariat lainnya, yang dibebankan Allah Azza wa Jallah kepada kita. Semua pembebanan ini sesuai dengan kemampuan manusia. Allah Ta'ala mengajarkan kepada kita sebuah doa agar berbagai belenggu dan beban tercabut dari kita.

Allah berfirman:
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala yang diusahakannya dan ia mendapat siksa yang dikerjakannya. Katakanlah, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami, jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yqng berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatillah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286)

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya. Demikianlah surat yang agung ini ditutup dengan doa yang khusyu' dengan berserah diri. Ia merupakan penutup yang baik. Semoga kita dimatikan dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin. (Syekh Muhammad Ali Ash Shabuni diterjamahkan oleh Hilman Fauzi & Syaifuddin, Mukjizat Ilahhi Cahaya & Makna Al-Qur'an. Hal. 70)

Begitu indah sekali setiap apa yang Allah firmankan. Ada banyak pelajaran tersurat atau tersirat di dalamnya. Terlebih jika kita diberi kesempatan oleh Allah mempelajari tafsirnya.

Berterimakasih dan bersykurlah kepada Allah jika hari ini engkau masih disapa oleh-Nya. Baik berupa nikmat atau cobaan. Yang jelas satu, Allah sedang merindu denganmu dan ingin kau datang disepertiga malam dengan rintihan dan kesungguhan. Ditengah-tengah sibukmu dengan dzikir yang kau lafadzkan.

Bersedihlah jika maksiat dan dosa yang engkau perbuat hatimu telah menolaknya dengan keras, bahwa itu bukan sebuah kesalahan sedang itu kesalahan yang nyata. Semoga Allah merahmati kita semua. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "PENUTUP YANG INDAH BAGI SURAT AL-BAQARAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel