PAGELARAN SENI TARI MASISWI UMPRI


sigerkita.com-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) mengadakan kegiatan Pagelaran Seni Tari yang diprakasai oleh Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pagelaran Seni ini dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 27 Januari tahun 2022, bertepat di Aula  FKIP dengan menampilakan berbagai macam tarian. Kegiatan ini berjalan lancar dan antusias mahasiswa sangat tinggi. 

Fajar Khoerul Annam (Ketua Panitia), Kegiatan ini ada wujud bagian dari kegusaran mahasiswa yang melihat rendahnya minat dengan seni budaya yang dimiliki oleh bangsa ini. Terutama seni tari, maka kami sebagai mahasiswa UMPRI yang juga memiliki perhatian terhadap kebudayaan mencoba mengadakan kegiatan pagelaran seni tari. Kegiatan ini menghadirkan 20 jenis tari hasil karya mahasiswa dengan jumlah perserta sebanyak 96 mahasiswa. 

Pagelaran seni tari ini menggambil tema “Ciptakan Seni Dalam Kehidupan, Untuk Menjadi Budaya di Masa Depan”. Dengan kegiatan ini harapanya mahasiswa mencintai budaya Indonesia dan juga ikut melestarikan kebudayaan. Disisi lain bahwa tarian pun dapat diambil nilainya sebagai pendidikan dan pembelajaran. Tarian juga bisa menjadi jalan media dakwah, karena setiap tarian ada kandungan pesan-pesan kebaikan terutama berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, dan manusia dengan manusia. Selain itu tarian yang di hadirkan menjadi motivasi mengahadi rumitnya masa dengan puka ketua panitia saat ini mashasiswa PGSD semester 5. 

Rahma Faelasofi, M.Sc, Dekan FKIP dalam sambutan menyampaikan bahwa mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang terus mengembangkan potensi diri, walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19. Sebagai mahasiswa sudah menjadi kewajiban untuk tetap melestarikan kebudayaan bangsa, salah satu tari sebagai nilai keunggulan Indonesia. Kreatifitas dalam tari juga harus dikebangkan sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik, dan juga tari bisa menjadi metode pembelajaran. 

Pembelajaran seni adalah pembelajaran yang sangat banyak diminati oleh siswa, karena dengan seni peserta didik mempunyai wadah untuk mengembangakan dirinya dengan model pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan. Pembelajaran dengan seni itu menuntut kreatifitas seorang guru dan lebih menghidupkan proses menjemput pengetahuan. Silahkan kembangkan kreatifitas seni anda dengan jalur tari, dan juga mungkin bisa dengan jalur seni lainnya dengan catatan tetap mengedepankan nilai-nilai kebaikan dan kesatunan. Pungkasnya. 

Ibu Endang Wahyuni M.Sn (pelatih tari UMPRI) menyampaikan bahwa tari-tari yang ditampilkan merupakan hasil dari ciptaan dan kreatifitas mahasiswa PGSD. Tarian yang ditampilkan  berlandaskan pada nilai sosiologi dan menceritakan kehidupan serta kondisi yang terjadi pada saat ini. 

Kegiatan ini merupakan tugas dari mata kuliah pendidikan seni tari, yang diharapkan dengan pageralan seni tari ini mahasiswa UMPRI khususnya prodi PGSD lebih mencitai kebudayaan local ditengah arus globalisasi. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada pengurus Himpunan Mahasiswa PGSD yang juga mensukseskan kegiatan ini. Pungkas Ka. Prodi PGS Yuni Arnidha, M.Pd. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh dihadiri juga oleh Wakil Dekan FKIP Bapak Nurfaizal, M.Pd,. Ketua Program Studi PGSD Yuni Arnidha M.Pd, Bapak, Ibu dosen dan Mahasiswa  Prodi PGSD  yang tergabung dalam organisasi mahasiswa PGSD. Adapun nama-naman tarian yang di tampilkan Tari kelinci, Tari Tangkuban Perahu, Tari Waja Pendidikan Dimasa Pandemi, Tari Fram Bringsang, Tari Dolanan Nyeser Iwak, Tari Dolanan Zaman, Tari Bubu, Tari Belajakh Jama Midokh, Tari Jaka Tarub dan Nawang Wulan, Tari Nyalau, Tari Sahyang Asri, Tari Peken, Tari Dalam Bayangan 3 Candi, Tari David Paradang, Tari Pados Kreco, Tari Anak Penggembala, Tari Wonderland, Tari Mainan Sanak Cilik,  Tari Buluh Seghibu, Tari Muli Petak Umpet,

Belum ada Komentar untuk "PAGELARAN SENI TARI MASISWI UMPRI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel