BONGGOL PISANG JADI KERIPIK - KREATIFITAS KKN SIDOMULYO

Bonggol Pisang Jadi Keripik - sigerkita.com
KABAR KKN PEKON SIDOMULYO
Universitas Lampung kembali mengadakan program rutin yaitu Kuliah Kerja Nyata atau KKN di Tahun 2020. Terdapat dua periode dalam pelaksanaan KKN di tahun ini. Periode pertama dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan februari kemudian periode ke dua dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus.

Periode pertama ini, beberapa kabupaten yang ada di provinsi Lampung menjadi tempat pendistribusian mahasiswa UNILA dalam melaksanakan program KKN, salah satunya di Kabupaten Tanggamus tepatnya di Pekon Sidomulyo Kecamatan Sumberejo.

Pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2020 mahasiswa KKN Pekon Sidomulyo melakukan inovasi pemanfaatan tanaman pisang, berupa pelatihan pembuatan keripik dari bonggol pisang. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja unggulan pada bidang ekonomi mahasiswa KKN periode 1 UNILA tahun 2020.

Ditegaskan oleh Fathur Rifai selaku ketua KKN di Sidomulyo “Melihat begitu melimpahnya tanaman pisang yang ada di Pekon Sidomulyo namun selama ini pemanfaatan tanaman pisang oleh warga hanya berupa buahnya saja, belum ada warga yang berinovasi untuk mengolah bagian lain dari pohon pisang, oleh karena itu kami memiliki ide untuk mengembangkan pemanfaatan bonggol pisang menjadi produk olahan berupa keripik bonggol pisang, selain itu kami juga turut mendampingi dalam proses produksi, pengemasan dan pemasaran produk dengan harapan bisa dijadikan sebagai produk unggulan Pekon Sidomulyo itu sendiri.” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama ibu-ibu dari kelompok wanita tani (KWT) dan juga kelompok PKK yang ada di Pekon Sidomulyo, kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari warga, hal ini dapat dilihat dari antusias mereka untuk menghadiri kegiatan ini. Dengan begitu kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Bonggol Pisang Jadi Kerpik - sigerkita.com

6 Komentar untuk "BONGGOL PISANG JADI KERIPIK - KREATIFITAS KKN SIDOMULYO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel