NGABUBURIT BIKIN HITS!

Ngabuburit Bikin Hits! - Sigerkita.com

Ngabuburit merupakan sebutan untuk kebiasaan bulan Ramadhan yang digunakan mengisi waktu di sore hari sambil menunggu datangnya adzan magrib tanda berbuka puasa tiba. Banyak banget aktifitas yang biasanya dilakukan masyarakat pada umumnya. Ngabuburit paling terkenal biasanya dihabiskan dengan keliling kompleks, JJS (jalan-jalan sore) atau sekedar mencari hiburan dan kesenangan untuk melihat-lihat apapun sehingga tidak terasa akan tiba waktu adzan magrib untuk berbuka. Kalau zaman now rata-rata udah banyak banget menghabiskan waktu untuk rebahan dan sambil main social media disemua waktu, termasuk waktu menunggu berbuka.

Dimasa pandemic ini kita sudah pasti dianjurkan untuk tidak ngabuburit seperti aktifitas di atas, karena kita wajib mengurangi aktifitas di luar rumah. Namun sebenarnya jauh dari anjuran untuk DirumahAja, kita sebaiknya mengisi waktu sore untuk ngabuburit dengan mengisinya  pada kegiatan – kegiatan positif. Hal-hal positif ini bisa membuat kita yang ngehits dimata Allah dan berlimpah banyak pahala sehingga mampu menyempurnakan ibadah puasa kita. 

Berikut cara hits ngabuburit yang udah pasti baik dan berpahala :
1. Menyelesaikan Bacaan Al-Qur’an
Bulan Ramadhan adalah bulan yang banyak banget diskon pahala, berlimpah ruah, dan mudah banget untuk mendapatkannya. Kalau waktu kita digunakan untuk membaca dan menyelesaikan target bacaan Al-Qur’an yang mungkin dalam sehari kita targetkan 1  jus, 2 jus ataupun lebih banyak lagi ini akan lebih efektif dan manfaat banget.

2. Menonton tausyiah di televisi atau youtube
Selayaknya tanaman, hati dan ruh kita juga perlu untuk disiram supaya semakin subur dalam pertumbuhan taat kepada Allah, daripada mendengarkan hal-hal yang tidak baik. Lebih baik membuka konten dan tontonan yang menambah iman, ilmu dan menyemangati dalam beramal.

3. Membaca dzikir petang
Makhluk Allah yang bernama malaikat, setiap waktunya selalu memuji Allah. Sebagai manusia sudah menjadi keharusan bagi kita untuk membahasi lisan kita senantiasa berdzikir kepada Allah. Daripada bicara yang tidak baik lebih baik membaca dzikir sangat faedah banget.

4. Bercengkrama dan diskusi bersama keluarga
Aktifitas di rumah aja memang semakin membuat banyak waktu bersama keluarga terasa penuh, banyak waktu bareng dan kadang-kadang terasa membosankan. Perlu adanya waktu untuk sekedar bercengkrama dan ngobrol yang baik-baik bareng semua anggota keluarga sambil menunggu buka puasa. Supaya menambah kualitas dan kebersamaan dalam keluarga, selain itu dengan obrolan kecil bareng keluarga juga biasanya melahirkan ide dan pembahasan yang bermanfaat.

5. Mengevaluasi target harian 
Untuk sebagian orang yang punya habits (kebiasaan) setiap pagi menuliskan target dan list agenda harian, maka perlu banget untuk mengapresiasi diri dengan mengevaluasi pencapaian selama sehari penuh. Hal ini akan menambah semangat esok hari agar lebih baik.

6. Membaca buku
Sebagaimana firman Allah pertama kepada Rosulullah Muhammad, kita diperintahkan untuk Iqra’ (Bacalah!) maka di sore hari menjelang berbuka juga waktu yang efektif untuk membaca buku yang bermanfaat.

7. Memperbanyak Do’a
Kebiasaan orang-orang Arab menjelang berbuka puasa adalah menghentikan aktifitas lainnya dan hanya khusu’, fokus menunggu berbuka dengan memperbanyak doa di waktu-waktu 15 menit sebelum berbuka. Mereka menyengaja mengambil air wudhu dan memohon kepada Allah akan semua hajat dan keinginannya. Mengapa demikian? Karena di waktu inilah Allah akan mengabulkan doa (termasuk waktu mustajab). Maka memperbanyak mengelist mimpi, cita, dan melafazdkannya pada Allah merupakan waktu yang sangat tepat.

Semoga kita menjadi bagian orang-orang yang puasanya Allah terima, dan memanfaatkan waktu menjelang berbuka untuk terus melakukan hal baik dan bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "NGABUBURIT BIKIN HITS!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel